Tips Memilih Sewa Mobil Bali Terbaik

Rental Bali Best

31 October 2023

Ketika sedang melakukan perjalanan maka kamu butuh mobil yang tepat agar bisa membawa banyak orang. Apalagi jika tujuannya ke Bali, tentu membutuhkan mobil terbaik agar bisa keliling ke berbagai wisata yang ada. 

Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi maka bisa sewa mobil Bali untuk penunjang selama perjalanan. Ada banyak sekali rental mobil yang bisa dipilih dengan harga yang kompetitif. 

Karena banyaknya sewa mobil maka perlu adanya tips khusus agar kamu tidak salah dalam memilih kendaraan. Selain itu, tujuan lainnya agar kendaraan yang dipilih benar-benar prima dan sesuai keinginan. 

Tips Memilih Sewa Mobil Bali

Bagi kamu yang sedang mencari rental mobil maka perlu tips khusus dalam memilih dan berikut ulasannya:

Ketahui Kebutuhan Mobilnya

Dalam memilih tempat sewa mobil sebaiknya kamu pastikan dulu kebutuhan akan mobilnya. Bila jumlah keluarganya kecil maka bisa memilih mobil LCGC atau hatchback agar lebih irit dan lincah. 

Bila anggota keluarganya cukup banyak maka kamu bisa memakai mobil jenis SUV atau kendaraan 4x4. Mobil seperti ini juga cocok digunakan untuk kamu yang mau mengunjungi wisata di daerah terpencil. 

Setelah ditentukan jenis mobil maka kamu juga perlu crockcheck dengan budget yang dimiliki. Semua itu harus diperhitungkan secara cepat demi keamanan dan kenyamanan bersama. 

Perbandingan Harga

Setelah ditentukan jenis mobil maka kamu perlu melakukan perbandingan harga terlebih dahulu. Karena bentuknya perbandingan maka kamu perlu memilih beberapa rental mobil. 

Cara seperti ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan budget untuk kendaraan yang di sewa. Dengan demikian sisa uangnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. 

Booking Sebelum Hari H

Dalam proses booking mobil di rental sama seperti halnya memesan tiket atau penginapan. Sehingga kamu perlu booking mobil jauh-jauh hari apalagi jika tujuannya ke puncak untuk liburan. 

Dengan cara ini maka kamu bisa mendapatkan mobil yang terbaik dan tidak akan kehabisan unit. Bukan hanya itu, pikiran juga akan lebih tenang karena semua sudah diatur sesuai jadwal.

Untuk menyakinkan, kamu bisa memberikan down payment kepada pemilik rental. Lalu dari sisi jumlahnya tergantung kesepakatan dan disarankan harus ada bukti kwitansi sebagai bukti pembayaran yang sah. 

Cari Rental Mobil Terpercaya

Tips lain dalam memilih mobil diantaranya mencari rental mobil yang sudah terpercaya. Untuk cara bisa dengan melihat informasi terkait rental tersebut secara detail. 

Kamu bisa mencari lewat google, situs online atau media sosial atau media lain dari rental tersebut. Bila perlu, kamu bisa meminta pendapat orang-orang yang sudah melakukan sewa mobil di rental tersebut. 

Dengan cara ini maka kamu akan mengetahui apakah rental itu terpercaya atau tidak. Cara ini memang terbilang lama namun kamu akan mendapatkan manfaat yang besar karena rentalnya benar-benar terpercaya. 

Cari Tahu Syarat Menyewa Mobilnya

Setelah rental yang dipilih sudah terpercaya maka kamu bisa menanyakan terkait syarat melakukan sewa mobil. Ini perlu ditanyakan karena setiap rental terkadang ada perbedaan dalam hal syarat-syaratnya. 

Umumnya syarat menyewa itu menggunakan KTP, SIM atau kartu identitas yang lain. Selain itu penyewa juga perlu mengisi formulir terkait data diri dan kontak yang bisa dihubungi. 

Jika sudah langganan terkadang kamu tidak perlu mengisi formulir namun cukup dengan kartu identitas. Umumnya kartu identitas itu nantinya akan dipegang pemilik sebagai bentuk jaminan agar kendaraan tidak dicuri oleh penyewa. 

Harga Berbanding Lurus dengan Fasilitas

Harga murah memang pilihan namun itu semua harus ditunjang dengan fasilitas yang ada. Sebab ada juga rental yang memberikan harga murah namun dari sisi fasilitasnya kurang memadai. 

Untuk itu perlu kehati-hatian dalam memilih dan perhatikan juga ketentuan-ketentuan di rental. Ini perlu menjadi perhatian karena bisa saja ketika ada kerusakan atau hal lain itu biayanya ditanggung oleh penyewa. 

Kejadian seperti ini kerap terjadi sehingga perlu dibaca dan dipahami terkait fasilitas dan ketentuannya. Sudah banyak kejadian dimana ada oknum yang sengaja mencari kesempatan dalam kesempitan untuk memeras penyewa. 

Perhatikan Kebijakan di Rental Mobil

Dalam memilih rental mobil, kamu bisa menanyakan secara detail terkait kebijakannya. Kamu bisa bertanya terkait apakah sewanya tanpa atau menggunakan jasa sopir. 

Lalu tanyakan juga berapa harga sewa baik yang menggunakan atau tanpa sopir. Selain itu kamu juga bisa menanyakan hal-hal lain terkait overtime, perlindungan atau yang lainnya.

Namun sebagai rental yang berpengalaman, umumnya ketentuan itu sudah ditulis secara mentail. Demi memudahkan penyewa, informasi itu biasanya ditulis di situs resmi atau media sosial dari pemilik rental. 

Cek Kondisi Mobil

Ketika memilih rental mobil, kamu juga perlu mengecek kondisi mobil yang akan disewa. Tujuannya agar ketika ada kekurangan atau kerusakan pada mobil maka kamu bisa meminta ganti unit. 

Setelah penggantian selesai, kamu bisa memfoto mobil secara lengkap dari berbagai bagian. Fotolah mobil dari bagian interior, belakang, depan, samping sebagai bukti penyewaan pada unit tersebut. 

Selain itu, cara ini dilakukan agar kamu tidak menanggung kerusakan dari pihak yang menggunakan sebelumnya. Jika memang ada kerusakan maka kamu bisa memberikan bukti tersebut bahwa itu semua bukan berasal dari pemakaiannya. 

Simpan Nomor Kontak Rental

Ketika proses penyewaan sudah selesai maka kamu bisa menyimpan nomor kontak dari pemilik rental. Tujuannya agar memudahkan kamu dalam menghubungi pihak rental saat akan menyewa mobil. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan pihak rental. Tujuan lainnya agar kamu bisa menghubungi pihak rental ketika ada sesuatu yang terjadi pada mobil yang di sewa. 

Ketahui Durasi Penyewaan

Dalam memilih rental mobil, kamu juga bisa memperhatikan dari sisi durasi penyewaan mobil. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing baik saat mau pulang ke kampung atau sekedar liburan.

Jika tujuannya pulang kampung maka bisa menyewa selama 2-3 hari. Sedangkan untuk perjalanan dalam kota atau sekedar liburan bisa memilih paket 6 jam,8 jam atau 12 jam. 

Ketentuan durasi ini umumnya berbeda di setiap daerah. Khusus di Bali maka proses penyewaan mobil umumnya selama 10 jam. Dengan batasan durasi tersebut maka penyewa harus mengembalikan mobil sebelum jatuh tempo.

Sebab jika penyewa melebihi batas jatuh tempo akan dikenakan denda sesuai aturan yang berlaku. Untuk denda tergantung kebijakan dan ini bisa kamu tanyakan langsung kepada pemilik rental. 

Tips seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses analisisnya. Daripada kesulitan melakukan analisis itu maka kamu bisa langsung memilih di rental https://rentalbalibest.com/ 

Rental ini cukup terpercaya di Bali dan dari sisi harganya cukup terjangkau. Sedangkan